9 Cara Hebat Menghemat Biaya Pernikahan

Photo by: www.antokphotography.com
Banyak pasangan yang siap menikah namun terhambat karena faktor biaya. Hal ini tidak jarang membuat mereka menjadi takut untuk menikah. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari biaya mahal ini ketika ingin menikah. Dengan cara ini, setiap pasangan juga tetap bisa mewujudkan pernikahan impiannya. Berikut tipsnya.

1. Menabung sejak jauh hari

Menabung sejak jauh hari adalah hal yang paling utama yang harus dipersiapkan setiap pasangan ketika mereka merencanakan untuk menikah. Rencanakan dan persiapkan anggarannya terlebih dahulu. Dana yang akan dikeluarkan hendaknya mencerminkan kemampuan Anda. Tidaklah bijaksana mengadakan pesta yang wah ... padahal sebetulnya keuangan Anda morat-marit.

2. Jangan menggunakan jasa wedding organizeratau sejenisnya

Karena alasan sibuk, tidak punya cukup waktu Anda menyerahkan segala macam kebutuhan pernikahan Anda kepada mereka. Padahal, jika Anda bisa melakukannya sendiri mengapa tidak. Anda berdua perlu bekerja sama memersiapkannya sedikit demi sedikit jauh hari sebelumnya. Tidak murah untuk menggunakan jasa wedding organizer atau sejenisnya.

3. Cari gedung atau tempat untuk mengadakan resepsi sejak jauh hari

Degan persiapan cukup jauh, Anda memiliki cukup waktu untuk memilih atau mencari gedung yang bagus namun tetap murah dan sesuai dengan anggaran pernikahan Anda. Ketika memesan gedung dari jauh hari sebelumnya, biasanya biayanya akan jauh lebih murah dibanding mencari gedung dekat dengan hari H pernikahan.

4. Pilihlah ketering yang murah dan berkualitas

Salah satu yang penting dalam pernikahan adalah sajian makanan untuk para tamu undangan. Ketika Anda telah menganggarkan biaya pernikahan, sebaiknya Anda mulai mencari dan memilih ketering yang murah namun tetap berkualitas. Anda bisa bertanya kepada pemilik gedung yang akan Anda gunakan karena biasanya mereka bekerja sama dengan jasa katering, bertanya kepada teman-teman yang mungkin tahu atau cari di internet.

5. Jahit baju pengantin sendiri

Maksudnya Anda membeli kain sendiri, merancangnya sendiri dan memilih tempat jahit yang murah tapi tetap berkualitas. Sehingga Anda akan tetap mendapatkan baju pengantin impian.

6. Pilih paketmake-uppengantin yang murah

Biasanya salon yang memiliki rias pengantin akan menawarkan paket-paket pengantin. Namun Anda perlu bijaksana dalam memilih paketnya. Karena Anda telah memiliki baju sendiri, berarti Anda hanya perlu memilih paket make-up.

7. Buat undangan sendiri

Kemajuan teknologi sangat memudahkan kita untuk berkreasi. Salah satunya dengan mencontoh undangan di internet dan mencetaknya sendiri.

8. Carilah suvenir yang ekonomis

Saat ini banyak suvenir pernikahan yang murah. Anda hanya perlu tahu di mana membelinya. Jika Anda mau yang mudah dan murah, ada jasa photo boothyang biasa menjadi suvenir pernikahan.

9. Lakukan foto pre-wedding sendiri

Daripada membayar mahal jasa photographeruntuk foto pre-wedding, mendingan Anda melakukannya sendiri. Minta tolong kerabat atau teman Anda yang memiliki kamera dan bisa memotret. Carilah lokasi yang menarik dan sesuai dengan tema pernikahan Anda berdua.

Banyak cara yang dapat Anda tempuh untuk mewujudkan pernikahan dengan biaya yang pas-pasan. Kuatkan jasmani dan rohani Anda. Percayalah cinta dapat melakukan segalanya.
[sumber:https://keluarga.com/1818/9-tips-mempersiapkan-pernikahan-cantik-dan-murah]

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.